jenis , kegunaan , kelemahan minyak zaitun!

gamabar dari www.seriouseats.com

Sebelumnya saya sudah membahas olive oil di artikel ,Beberapa hal yang harus kita ketahui tetang minyak masak ataupun goreng, yang sering kita gunakan sehari - hari. Apa saja itu????

Namun, saya akan membahas olive oil atau minyak zaitun kembali...
karena begitu banyak, jenis - jenis olive oil dalam berbagai brand di pasaran, seperti gambar di atas,,,,

kita mulai saja....
    OLIVE OIL ATAU MINYAK ZAITUN
Minyak yang dikenal memiliki identitas baik ini, disebut - sebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan....
Namun tahukah kalian ada beberapa jenis olive oil dan kegunaannya berbeda beda lo.....!!!!!

APA SAJAKAH ITU??????

     1. EXSTRA VIRGIN OLIVE OIL :
adalah minyak zaitun yang dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun.
EXSTRA VIRGIN OLIVE OIL ini mengandung vitamin yang sangat tinggi, serta memiliki aroma, rasa, yang sangat khas,,,,dan juga memiliki tingkat keasaman yang seimbang.
dimana tingkat keasaman mempengaruhi rasa atau taste si olive oil tsb.

Karna dalam peroses pembuatannya EXTRA VIRGIN OLIVE OIL dihasilkan tanpa pemanasan, tanpa bahan - bahan kimia cenderung akan membuat olive oil yang satu ini memiliki vitamin dan mineral yang utuh akan sangat bagus untuk kesehatan!

KEGUNAAN, EXSTRA VIRGIN OLIVE OIL  :
olive oil yang satu ini hanya cocok untuk membuat dressing(,untuk campuran salad)
karena memiliki titik didih yang sangat rendah,, dalam artian jika melewati titik didih dari olive oil ini ,malah tidak akan baik untuk kesehatan kita..... !!

     2.VIRGIN OLIVE OIL :
Olive oil ini diperoleh dari perasaan tahap ke 2, memiliki kualitas yang hampir sama dengan EXTRA VIRGIN OLIVE OIL, karena dalam proses pembuatanya juga tidak melalui pemanasan dan campuran bahan kimia.

Namun yang membedakan perasan VIRGIN OLIVE OIL ini adalah tingkat keasaaman, yang lebih tinggi dan cenderung tidak seimbang.

KEGUNAAN :
Karena hasil dari perasaan ke 2, jadi tingkat didih olive oil ini agak lebih tinggi dari EXSTRA VIRGIN OLIVE OIL....jadi olive oil ini bisa di pakai untuk menumis, namun masih dalam suhu rendah,,,,dan cocok untuk dressing pada salad!

     3.PURE OLIVE OIL :
Olive oil yang 1 ini, dihasilkan melalui hasil penyulingan si olive oil diatas,
atau sudah melalui proses pemanasan ,degan begitu kualitas dari PURE OLIVE OIL ini akan sangat berbeda dengan EXSTRA VIRGIN DAN VIRGIN OLIVE OIL.

KEGUNAAN :
Dengan adanya proses pemanasan dalam pembuatanya, membuat olive oil memiliki titik didih yang lebih tinggi sehingga cocok untuk menumis,,,,,,MENUMIS ya bukan menggoreng,,,, namun dalam suhu sedang,,dan biasanya pure olive oil tidak terlalu cocok untuk dressing.

  4.EXTRA LIGHT dan LIGHT OLIVE OIL :
Olive oil yang satu ini di hasilkan dari pemurnian hasil dari sisa perasan yang berkualitas rendah namun bukan ampas - ampas dari olive oil tersebut.
karena, hasil dari ampas - ampas tersebut hanyadi pakai dalam pembuatan sabun,kosmetik dan lain - lain!

KEGUNAAN :
Kegunaannya disini, bisa di gunakan memasak dalam suhu tinggi, karna emiliki titik didih yang paling tinggi dari olive oil yang lain,,,

       MANFAAT UNTUK KESEHATAN :

Kita sudah tau jenis dan kegunaan olive oil,,,,,trus apa maanfaatnya untuk kesehatan?????

olive oil memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, Karena menggandung lemak tidak jenuh, antioksidan tinggi dimana antioksidan tersebut berguna sebagai sistem kekebalan tubuh atau nutrisi  yang melindungi sel - sel tubuh dari kerusaka akibat radikal bebas!!

Dengan demikian , olive oil memiliki peranan nyata dalam peilihan minyak untuk memasak dalam gaya hidup sehat!
seperti menjaga kesehatan jantung kita, menceggah kanker, menceggah diabetes,menyehatkan usus, dan menangkal radikal bebas!

        KELEMAHAN OLIVE OIL :
Seperti yang kita bahas di atas, olive oil memiliki kelemahan akan suhu tinggi, kita harus memilih mana olive oil yang memiliki tingkat didih rendah dan tinggi.

semua manfaat di atas tidak akan ada gunanya jik kita tidak memperhatikan hal tersebut, karena jika salah dalam penggunaan akan merusak rasa dari makanan tersebut,dan yang tak kalah penting mengaktifkan lemak jenuh atau lemak jahat dan malah tidak baik untk kesehatan kita!!

  KESIMPULAN :
 Sejatinya seluruh minyak nabati itu memiliki kelemahan dan kelebihanya masing - masing dan manfaat yang beragam untuk kesehatan kita!

Namun dengan mengetahui, atau mengenal bahan - bahan yang akan kita gunakan memeasak tersebut, dengan baik akan meminimalisir hal - hal yang tidak kita inginkan.

Jangan sampai, tujuan untuk hidup lebih sehat namun tidak teliti dalam hal - hal kecil seperti yang sudah saya share di atas, malah merugikan diri kita sendiri.!!

Demikian yang dapat saya share tentang olive oil....
BACA JUGAAPAKAH ANDA BERCITA - CITA MENJADI SEORANG KOKI???SEBELUMNYA, MARI KITA INTIP KOKI - KOKI TERKAYA DI DUNIA!!
TERIMAKASIH









Comments

Post a Comment

Popular Posts