Ada banyak jenis pisau di dunia kuliner, sudah tahu nama dan kegunaannya??

       Kalau bicara tentang dunia kuliner selain identik dengan makanan - makananya , dunia kuliner juga identik dengan berbagai macam pisau dan sudah pasti beda jenis pisau beda kegunaannya.

     Mengetahui jenis, nama , dan kegunaan pisau sangatlah penting. Karena pisau adalah bagian vital di dapur yang menentukan cantik tidaknya suatu potongan dari bahan makanan seperti sayur, atau mempermudah kita dalam memisahkan daging dari tulangnya, atau mempermudah kita memotong roti, ataupun mempercepat kita dalam mencincang sayuran ataupun daging. Karena, semuanya harus menggunakan pisau yang tepat!

       Di Ilmu Culinary kali ini saya akan membagikan tentang, Ada banyak jenis pisau di dunia kuliner, sudah tahu nama dan kegunaannya???

oke langsung saja:

























1. CHEF'S KNIFE
     Chefs knife hadir dengan beberapa ukuran dari 15cm sampai 20cm  atau bahkan lebih.
chefs knife ini adalah pisau yang sangat cocok di gunakan untuk mencincang , mengiris , atau bisa di bilang pisau ini adalah pisau paling serbaguna dalam memotong , mengiris atau mencincang.

2. BREAD KNIFE
    Yang kedua ini adalah bread knife, seperti namanya pisau yang satu ini di khususkan untuk memotong roti. gigi - gigi bread knife ini akan mencengkram roti layaknya gergaji kayu yang akan memotong kayu, bread knife tidak akan menghancurkan bentuk roti, yang diamana roti bisa saja gepeng karena tertekan pisau biasa.

3. BONING KNIFE
    boning knife adalah pisau yang di khususkan untuk memisahkan daging dari tulangnya, entah itu daging unggas , daging hewan berkaki empat , maupun ikan.
biasanya ada 3 jenis pisau boning tersebut , namun disini saya hanya akan mengulas 2 jenisnya saja.

A . Pisau boning yang satu ini biasanya di gunakan pada tulang rusuk.
B . Biasanya di gunakan untuk daging ayam ataupun ikan.









4. PARING KNIFE
      Paring knife adalah pisau yang sangat kecil, namun amat penting di dunia kuliner.
paring knife adalah pisau yang di gunakan untuk mengupas berbagai bahan makanan seperti buah dan juga sayuran.

      demikian ulasan singkat mengenai jenis pisau dan kegunaanya, yang akan sering kita temui di dunia kuliner. sebenarntya masih ada banyak jenis pisau yang belum saya bahas, di lain kesempatan saya aka menulis sisanya,,,hehehehe

    semoga bermanfaat kawan.,,...terimakasih

Comments

Popular Posts