Gunakan jari untuk mengetahui tingkat kematangan daging?

 Di dalam dunia kuliner , kita akan sering  menjumpai istilah DONENESS ( tingkat kematangan pada daging ) atau Doneness yang menentukan daging (terutama steak)yang kita olah tersebut, sudah matang atau masih medium ataupun masih mentah.....!!

     Di artikel ini saya menulis tentang menggunakan jari kita untuk mengecek doneness tersebut, sebelum melangkah kesana sebernannya sudah ada 2 method untuk mengecek doneness atau tingkat kematangan daging tersebut yaitu dengan meneka daging dan juga thermometer!

    Namun seiring berkembangnya ilmu dalam dunia kuliner penggunaan thermometer atau menekan daging j arang di pergunakan lagi, karna para chef beranggapan dengan menekan atau menusuk menggunakan thermometer akan membuat si daging kehilangan juicenya!

     Dimana juice si daging tersebut yang menceggah daging menjadi kering , atau bisa di bilang kita kehilangan rasa asli si daging tersebut. Sebagai alternatif penggunaan jari atau kedua tangan pun menjadi trend. lalu seperti apa itu mengecek doneness dengan menggunakan jari????

1 . RAW / RARE / MENTAH
 Buka telapak tangan kiri anda dengan santai atau jangan tegang, kita akan melihat daerah berdaging antara ibu jari dan pangkal telapak tangan lalu tekan menggunakan jari tangan kanan anda, itulah daging mentah.

2. MEDIUM RARE / STENGAH MENTAH 
Caranya sama saja sperti yang di atas, namun telunjuk anda satukan dengan ibu jari tangan kiri anda dan tekan kembali di tempat yang sama seperti yang di atas itulah MEDIUM RARE/setengah mentah.
3.MEDIUM / SETENGAH MATANG
4.MEDIUM WELL/HAMPIR MATANG
5 . WELLDONE/MATANG


















Sekian, info yang yang dapat saya berikan tentang doneness,,,, semoga bermanfaat ya,,,,
terimakasi
baca jugachef terkaya

Comments

Popular Posts