Masih suka membuang kulit orange?

Ilmu Kuliner
https://ilmuculinary.blogspot.com
RESEP MEMBUAT SELAI ORANGE
Kali ini ILMUKULINER ingin membagikan RESEP MEMBUAT SELAI DARI KULIT ORANGE. Mungkin saudara-saudari sering mengolah buah orange dirumah entah itu sebagai jus atau apapun! Namun yang sering terjadi adalah setelah memeras orange tersebut, kulitnya akan dibuang. Benarkan??Padahal kulitnya si ORANGE tersebut bisa di pergunakan menjadi selai ataupun untuk menghiasi hidangan-hidangan penutup atau sebagai garnish(untuk yang sedang memiliki usaha di bidang kuliner).
Nah....langsung saja, inilah RESEP MEMBUAT SELAI BUAH ORANGE :
RESEP :

Orange Juice 1litter
Kulit Orange 100gr
Gula 150gram
pectin 10gram/ jika menggunakan agar-agar cukup 1gram saja.
Lemon juice 100ml
METHOD :
Jika sudah siap semua bahan-bahannya tinggal ke proses pembuatanya :
Pertama kupas kulit orange menggunakan pisau, setelah itu hilangkan kulit dalam Orange yang berwarna putih karna kulit yang berwarna putih tersebutlah yang pahit.
Setelah semua kulit orange terkupas, tinggal di slice tidak tebal dan tidak juga terlalu tipis.
Setelah selesai di slice, panaskan air dan blanch sampai airnya berwarna kemudian di angkat, ulangi proses tersebut 3 sampai 4x sampai airnya jernih.
Selanjutnya tinggal campur semua bahan, dan masak menggunakan api kecil. Sampai berwarna keemasan, dan sedikit mengental.
NOTE : Jangan lupa sesekali tetap di aduk.


https://ilmuculinary.blogspot.com
https://ilmuculinary.blogspot.com
GARNISH DARI KULIT ORANGE
Jika anda memiliki usaha dalam bidang kuliner, dan tidak menggunakan selai orange, namun sering mempergunakan ORANGE dan kulitnya terbuang. Disini kulit orange bisa kita olah kembali sebagai garnish, untuk mempercantik hidangan penutup dalam usaha anda. Lalu bagaimana cara membuatnya?
Caranya cukup mudah dan sama dengan membuat selai orange, Pertama kupas kulit orange, sama seperti membuat selai atau hilangkat kulit terdalam yang berwarna putih dan di slice. Setelah selesai di slice, tinggal di blanch sama seperti step pembuatan selai orange. Dan yang membedakan dalam pembuatan garnish dari kulit orange ini adalah terletak pada finishingnya, dimana finishingnya menggunakan air gula.
NOTE : Dinginkan air gula terlebih dahulu, setelah dingin baru campur dengan kulit orange yang sudah di slice.
Garnish dari kulit orange pun sudah siap, dan semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Comments

Popular Posts