Tips Menghindari Kontaminasi Bahan Makanan Pada Kulkas dan Frezzer anda.

https://ilmuculinary.blogspot.co.id/
sumber gambar dari http://www.mausehat.com/
TIPS MENGHINDARI KONTAMINASI BAHAN MAKANAN PADA KULKAS DAN FREZZER ANDA.
    Sebelumnya saya sudah membagikan tentang"Kontaminasi Pada Makanan" apa saja yang menyebabkan kontaminasi dan jenis-jenis kontaminasi pada makanan atau bahan makanan.
    Kali ini ilmu kuliner akan membagikan tips untuk menghindari kontaminasi pada makanan atau bahan makanan yang anda simpan di kulkas atau frezzer anda. Sebelumnya saya juga sudah pernah membagikan artikel tentang "Berapa Lama Daging Atau Ikan Bertahan Di Kulkas Atau Frezzer Anda"
    Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi makanan atau bahan makanan atau kurangnya pemahaman tentang kontaminasi pada makanan akan sangat merugikan. Terlebih yang mengkonsumsi adalah orang terdekat atau keluarga anda, dan inilah tips-tips menghindari terjadinya kontaminasi pada makan yang ada di kulkas atau frezzer anda :
  • MENJAGA KEBERSIHAN KULKAS ATAU FREZZER
Yang pertama sudah pasti anda mengerti,kenapa harus tetap menjaga kebersihan kulkas atau frezzer anda. Ya.. selain untuk menjaga kebersihan, sudah past jika kulkas atau frezzer yang bersih akan memberikan kesegaran pada bahan makanan atau makanan yang kita taruh. Menjaga kebersihan kulkas tau frezzer dengan rutin membersihkan bunga-bunga es, Karna mungkin saja saat kita menyimpan bahan makanan dan bahan makanan tersebut memiliki kadar air atau plastik yang kita gunakan untuk mengcover bahan makanan tersebut sedikit basah akan mengotori kulkas atau akan ikut membeku menjadi  bunga-bunga es tersebut. Bayangkan anak-anak kita menaruh sebuah es krim yang bungkusnya sudah di buka dan biasanya anak-anak akan suka menaruhnya kembali di frezzer hanya dengan beralaskan mangkok plastik tanpa tercover sepenuhnya. Tentu kita tidak menginginkan hal seperti itu terjadi bukan???
  • MEMISAHKAN DAGING DENGAN IKAN ATAU SAYURAN.
   Dengan kulkas atau frezzer yang bersih belum bisa juga di sebut sehat, Kenapa??? Karena kita harus memisahkan antara daging ,ikan atau sayuran di dalam kulkas kita. Memisahkan disini juga bisa berarti mengcover bahan makanan atau makanan sesuai dengan jenisnya, Selain tidak akan mengkontaminasi satu sama lainnya, tips ini juga tidak akan mempengaruhi rasa makanan atau bahan makana tersebut. tips ini bisa di lakukan dengan membungkus makanan atau bahan makanan dengan plastik, dan usahakan saat akan memasukan ke kulkas atau frezzer untuk di bekukan daging atau ikan sebaiknya di keringkan terlebih dahulu, menggunakan tissue atau apapun untuk menghilangkan kadar air yang ada pada daging atau ikan agar daging atau ikan makin awet. dan juga tidak mengotori kulkas atau frezzer, dan untuk sayuran sebaiknya kita wrap dengan plastik wrap dan dilapisi tissue dapur agar sayuran juga semakin awet.
  • MEMPERHATIKAN FIFO
Sebelumnya saya juga sudah pernah menulis apa yang dimaksud dengan fifo, Bagi saya fifo selain untuk meminimize kerusakan barang, bagia saya fifo juga menghindarkan kita pada kontaminasi pada makanan. Namun ini mungkin hanya terjadi pada sebuah industri atau usaha yang bertemakan makanan, karna sudah pasti sebuah industri atau usaha yang berhubungan dengan makanan akan memiliki bahan makanan yang cukup banyak di kulkas atau frezzer. Sehingga jika tidak ada sistem fifo di dalamnya, mungkin saja ada bahan makanan yang terlewat atau bahan makanan yang lama dan tak pernah terpakai, Terlebih tidak ada tanda yang jelas seperti penempatan tanggal atau apapun untuk mengetahui umur barang tersebut. Berarti bahan makanan tersebut akan rusak, dan mungkin saja bahan makanan yang rusak tersebut akan mengkontaminasi bahan makanan yang lainnya.
  • MENGHINDARI MENGELUARKAN DAN MEMBEKUKAN KEMBALI BAHAN MAKANAN BERKALI-KALI.
     Nah inilah yang paling penting dari semua yang telah saya jabarkan di atas, karena saya sering memperhatikan kekeliruan ini di rumah atau lingkungan saya saat ini yang saya anjurkan benar-benar harus di hindari. Dan yang saya maksud yang harus di hindari disini adalah, misalkan anda memiliki daging ayam atau sapi atau ikan sekalipun yang sudah beku dan saat anda memasak dan memerlukan sedikit dari salah satu daging tersebut, lalu anda mencairkan semuanya setelah selesai memasak, anda akan membekukan lagi sisa dari daging tersebut! Itu semua sangatlah tidak di anjurkan karena selama proses pencairan, bakteri akan mengkontaminasi makanan dalam suhu ruangan dan saat anda membekukan daging tersebut kembali, bakteri-bakteri yang akan berevolusi dan semakin berbahaya. Setiap anda mengulangi proses tersebut akan semakin berbahaya.
Bagaimana sering melakukan hal di atas tersebut???sebaiknya hentikan mulai dari sekarang, untuk keluarga yang kita cintai.
 
    Mudah bukan untuk menjaga kesehatan, menjaga kesehatan itu. tak perlu mahal. Anda bisa mulai dari hal-hal kecil di atas sehingga anda akan terhindar dari hal sebesar kontaminasi makanan atau yang lainnya.
  Demikian yang dapat saya bagikan tentang "TIPS NENGHINDARI KONTAMINASI BAHAN MAKANAN PADA KULKAS DAN FREZZER"
semoga bermanfaat, Terimakasi telah berkunjung.

Comments

Popular Posts