mengkonsumsi ikan saat hamil berbahaya???

https://ilmuculinary.blogspot.com/
https://ilmuculinary.blogspot.com/
Sudah lama ILMU KULINER gak posting nih,,,,,,hehehehhee
Kali ini ilmu kuliner akan menulis tentang Mengkonsumsi ikan pada saat hamil berbahaya apa enggak ya??????

    Memiliki anak yang sehat adalah impian semua keluarga, anak yang sehat berarti anak yang mendapatkan asupan gizi yanng baik dan terenuhi dengan sempurna , saat si anak masih di dalam rahim ibunya. 

 Berawal dari istri saya hamil , saya jadi sering cari-cari info tentang makanan dan lain-lainya tentang kehamilan. Dari beberapa sumber luar dan dalam negri, saya rasa gambaran tentang bahaya mengkonsumsi ikan saat anda atau ibu-ibu yang membaca artikel ini  yang sedang hamil, masih sangat kurang!

  Seperti kita ketahui ikan adalah sumber makanan yang memiliki beragam nutrisi penting, dan tidak mudah ditemukan pada sumber makanan lain seperti misalnya OMEGA3. Selain OMEGA3 ikan juga Vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang! Tidak berhenti sampai disana, ikan juga melengkapi dirinya dengan protei yang tinggi namun  rendah lemak jenuh.

  Setelah saya memebahas kebaikan dari ikan, rasa-rasanya tidak ada celah untuk kita memvonis ikan berbahaya di konsumsi saat hamil bukan????
darimana berbahayanya  ikan untuk janin?????
Dan jawabannya terletak pada merkuri atau mercury, walaupun ikan yang mengandung merkuri cukup tinggi hanya beberapa ikan saja, namun porsi anda saat mengkonsumsi ikan pada waktu hamil juga harus di perhatikan.

  Berbicara tentang merkuri, sebenarnya merkuri sudah tidak asing lagi di telinga kita apalagi untuk para kaum wanita. Merkuri banyak di temukan pada produk-produk kosmetik berbahaya, Tapi apasih merkuri atau mercury itu????

DEFINISI MERKURI
MERKURI atau MERCURY adalah sebuah unsur alami dari alam yang dapat kita temukan pada udara dan juga air yang dilepaskan oleh gunung berapi, kebakaran hutan alami. selain dari alam merkuri juga dilepaskan oleh pabrik-pabrik dari limbah-limbah mereka.

BAGAIMANA IKAN BISA MENGANDUNG MERKURI???
   Lalu bagaimana ikan bisa mengandung merkuri??? karena merkuri yang dilepaskan di air akan mengendap dan akan masuk ketubuh ikan melalui makanan yang ikan makan, dan juga alat pernafasan ikan atau insang ikan. Setelah merkuri masuk kedalam ikan, merkuri akan langsung mengikat pada protein-protein pada otot-otot ikan dan tetap mengikat kuat, meski sudah di masak!

BAHAYA MERKURI!
   Adapun bahaya merkuri untuk janin atau ibu hamil adalah merkuri akan sangat mudah masuk ketubuh anda dari ikan yang anda konsumsi, merkuri pun berperan besar pada tumbuh kembang otak maupun tumbuh kembang saraf- saraf. seperti contoh anak akan lambat berjalan, lambat berbicara atau berkomunikasi.

BAGAIMANA CARA KITA TERHINDAR DARI MERKURI??
 Lalu bagaimana cara anda terhindar dari merkuri???? Apakah saya harus berhenti mengkonsumsi ikan???
Bukan berhenti mengkonsumsi ikan, mengingat kandungan yang terdapat pada ikan sangat bagus untuk kesehatan anda maupun janin yang anda kandung. Adapun cara untuk menghindari merkuri adalah dengan memperhatikan jumlah atau porsi ikan yang kita konsumsi! dengan kata lain kita tidak bisa mengkonsumsi ikan yang banyak dalam 1 hari atau setiap hari.

KESIMPULAN
  Seperti yang suda saya jelaskan di awal tentang protein-protein penting yang terkandung dalam ikan akan sangat baik untuk kesehatan, terlebih untuk kesehatan calon anak atau janin. namun dibalik semua protein-protein penting yang terkandung pada ikan , ikan juga mengandung merkuri yang sifatnya berbalik dengan semua nutrisi dan manfaat ikan. mengacu pada penjelasan diatas, merkuri ada dimana-mana dan tidak bisa di pungkiri semua ikan mengandung merkuri di dalamnya. Namun kita mampu mengurangi ataupun menghindari asupan merkuri ketubuh kita, dengan mengurangi porsi atau tidak terlalu banyak mengkonsumsi ikan dalam 1 hari. bagaimanapun kita juga memerlukan asupan gizi dari makanan lain juga bukan. Jadi berbahaya atau tidaknya ikan di konsumsi saat hamil semuanya tergantung pada kitanya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat
terimakasih




Comments

Post a Comment

Popular Posts