Gejala dan Pencegaahan Alergi Kerang atau Shellfish

Gejala dan Pencegaahan Alergi Kerang atau Shellfish
https://ilmuculinary.blogspot.com
ilmukuliner


   Alergi kerang atau shellfish umum terjadi, namun memiliki potensi yang serius pada sebagian orang. Jika Anda alergi terhadap kerang atau shellfish, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi berlebihan bila terkena protein dalam beberapa jenis makanan laut seperti yang akan ilmu kuliner bahas saat ini yaitu shellfish atau kerang. Makan makanan ini dapat memicu respons Alergi mulai dari yang ringan sampai parah.

   Alergi kerang atau shellfish terpisah dari alergi ikan. Jika Anda alergi terhadap ikan, Anda mungkin bisa makan kerang atau shellfish tanpa reaksi dan sebaliknya. Hal ini penting untuk menghindari semua jenis kerang atau shellfish jika Anda pernah mengalami reaksi sebelumnya.
adapun jenis kerang atau shellfish yang harus anda hindari jika anda alergi adalah sebagai berikut :




  • Jenis shellfish atau kerang
kerang
kepiting
Crawfish
Lobster
kerang
gurita
tiram
kerang
udang
cumi-cumi

    Jenis Alergi kerang atau shellfish dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tapi lebih umum pada orang dewasa. Alergi kerang juga dapat berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa orang bisa makan udang dan jenis kerang atau shellfish yg lainya selama bertahun-tahun tanpa masalah, tapi kemudian mengalami reaksi alergi setelah makan kerang atau shellfish.


  • Gejala alergi kerang atau shellfish

Karena Alergi kerang atau shellfish dapat serius dan mengancam kehidupan, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala dan mencari perawatan medis segera jika terjadi reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap kerang atau shellfish, gejala sering terjadi dalam beberapa menit atau jam dari waktu anda makan kerang atau shellfish. Gejala dapat ringan, sedang atau berat. Sebagai contoh:

  • Gejala ringan alergi kerang atau shellfis

kulit gatal
gatal-gatal
kesemutan bibir
mual
batuk
hidung tersumbat

  • Gejala alergi kerang atau shellfish sedang

menggigil
dada sesak
sakit perut
diare
muntah

  • gejala alergi kerang atau shellfish serius
Tanggapan alergi kerang atau shellfish yang parah adalah suatu keadaan darurat medis. Jenis reaksi dapat menyebabkan anafilaksis shock, yang dapat menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Gejala anafilaksis dapat mencakup:

tenggorokan bengkak,  sulit atau tidak mungkin untuk bernapas
Penurunan tekanan darah
Nadi cepat
pusing
kehilangan kesadaran

Lalu bagaimana kita dapat menceggahalergi kerang atau shellfish tersebut??

  • Tips dan Cara pencegahan
Jika Anda merasa Alergi kerang atau shellfish, buatlah janji dengan dokter Anda-bahkan ketika gejala ringan. Karena Alergi kerang dapat memburuk dari waktu ke waktu, Anda tidak bisa mengobatinya sendiri untuk mengurangi resiko.

dan pengobatan terbaik adalah menghindari paparan kerang atau segala macam makanan yang menggandung kerang atau shellfish. Anda harus ekstra hati-hati ketika menyiapkan makanan di rumah atau saat makan keluar. Mulailah kebiasaan rutin membaca label makanan dan menghindari makanan yang mengandung kerang atau shellfish.

Bahkan anda harus extra berhati hati saat akan makan di luar atau restaurant, walaupun anda tidak memesan makanan seafood atau restaurant tersebut tidak menjual menu seafood, alangkah baiknya anda menginformasikan bahwa anda alergi terhadap kerang atau shellfish. karena kemungkinan besar bumbu bumbu atau saus mereka ada yang mengandung shellfish atau salah satu jenis kerang .

  • KESIMPULAN
Alergi terhadap kerang atau shellfish umum terjadi pada orang dewasa namun bisa juga terjadi pada anak anak, jika sudah terdiagnosa alergi terhadap kerang atau shellfish ,dengan mengetahui jenis jenis kerang atau shellfish tersebut adalah langkah awal kita mengurangi resiko alergi pada kerang atau shellfish tersebut.

Dan untuk yang belum atau tidak terdiagnosa terhadap alergi kerang atau shellfish, dengan mengetahui gejala jika terjadi alergi pada tubuh anda anda akan tahu cara pencegahanya. Karena bisa saja anda terkena alergi kerang atau shellfish walaupun sebelumnya anda belum pernah mengalami alergi.

Demikian yang ilmu kuliner dapat bagikan tentang,Gejala dan Pencegaahan Alergi Kerang atau Shellfish

Comments

Popular Posts